Jumat, 05 Agustus 2011

GELOMBANG TRANSVERSAL

Gelombang Transversal
A. Memahami Gelombang:Adalah bentuk gelombang getaran yang merayap dalam suatu media. Pada propagasi gelombang adalah gelombang, bukan substansi perantaraan media. Satu panjang gelombang dapat dilihat dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (menganalisis gelombang transversal) atau jarak antara menhitung kepadatan dengan satu renggangan (longitudinal gelombang). Propagasi gelombang cepat adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu detik.Transverse gelombangGelombang transversal adalah gelombang yang memiliki arah propagasi tegak lurus terhadap arah getaran. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali. Arah gelombang getaran adalah vertikal, sedangkan rambatnva arah horisontal sehingga arah getaran dan arah yang sama atau searah rambatnva.Gelombang dapat dikelompokkan menjadi gelombang trasnversal jika partikel bergetar ke atas dan ke bawah menengah dalam arah tegak lurus terhadap gerakan gelombang. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita bergerak tali atas dan ke bawah, tampak bahwa tali bergerak naik dan turun dalam arah tegak lurus terhadap arah gerakan gelombang. Bentuk gelombang transversal tampak seperti gambar di bawah ini.


C. Transverse gelombangGelombang transversal adalah gelombang yang arah tegak lurus terhadap arah rambatannya getaran (usikannya).Pertimbangkan g ilustrasi berikut!



Contoh gelombang transversal:- Getaran belajar gitas ray- Getaran yang mengguncang-goyang tali di salah satu ujung

1. Panjang gelombangA. Definisi Panjang gelombangSatu panjang gelombang sama dengan jarak yang ditempuh dalam satu periode.Panjang gelombang dari gelombang transversalPerhatikan ilustrasi berikut!

Dalam gelombang transversal, gelombang yang terdiri dari tiga node dan dua perut. Jarak antara dua node atau dua perut yang berurutan disebut setengah panjang gelombang atau ½ λ (lambda),B. Cepat Kentang GelombangJarak yang ditempuh oleh gelombang dalam satu detik disebut propagasi gelombang. Propagasi gelombang cepat dilambangkan dengan v dan satuannya m / s atau m s-1. Hubungan antara v, f, λ, dan T adalah sebagai berikut



Keterangan:λ = panjang gelombang meter, satuan (m)v = kecepatan perambatan gelombang, unit meter / detik (ms-1)T = periode gelombang, detik unit atau detik (s)f = frekuensi gelombang, unit atau 1/sekon 1/detik (s-1)
3. Gelombang RefleksiJika gelombang melalui penghalang atau hambatan, seperti padatan, maka gelombang akan tercermin. Refleksi ini adalah salah satu sifat-sifat gelombang.Berikut adalah contoh dari refleksi gelombang pada tali



Refleksi gelombang pada akhir tinggal diubah dalam bentuk atau fase. Namun, refleksi gelombang dari ujung bebas tidak berubah bentuk atau fase.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar